Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi (1)

Bulan Romadhon bagi umat islam adalah bulan puasa wajib bagi siapapun saat usia sudah dewasa/ baligh.

Puasa dilakukan mulai dari terbit fajar/ adzan shubuh hingga matahari terbenam ditandai adzan Maghrib.

Saat puasa bagi sebagian orang yang tidak biasa puasa adalah masalah kesehatan seperti naiknya asam lambung.

Sering kali mereka tidak puasa karena alasan nyeri lambung, padahal bisa diringankan gejalanya bahkan ditiadakan sakitnya dengan resep sederhana dan mudah sekali.

Mual biasanya gejala yang paling sering dirasakan sebagai pertanda awal.

Penyakit asam lambung bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kenapa ini bisa terjadi?

Karena perubahan pola makan yang diluar kebiasaan sehari-hari selama bulan Romadhon. Tetapi itu bukan alasan utama untuk tidak berpuasa di selama bulan Romadhon.

Biasanya setelah hari kedua dan seterusnya lambung akan menyesuaikan.

Sebaiknya saat anda mengkonsumsi makanan terlebih saat buka puasa, makanlah tanpa perlu buru-buru kunyah makanan dengan benar.

Sebenarnya asam lambung menurut american college of gastroenterology merupakan zat yang sudah tersedia di dalam tubuh manusia untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung aga zat gizi muda diserap tubuh.

Jadi asam lambung ini adalah Anugerah, namun bisa berubah jadi bencana apabila zat asam naik ke kerongkongan dan mulut bisa jadi sebab anda sering sariawan.

Guna mencegah asam lambung ini naik, maka terdapat cincin alami antara kerongkongan dan lambung yang disebut sfingter esofagus bagian bawah sebagai katup layak nya pada mesin.

Apabila katub alami ini melemah dan tidak berfungsi baik untuk buka-tutup  ketika ada makan masuk dan mencegah asam lambung keluar.

Maka yang akan terjadi adalah asam lambung naik (refluks) yang menyebabkan sensasi terbakar. Subhanallah luar biasa ciptaan Allah Maha Besar.

Beberapa gejala paling umum diantaranya mulut pahit/asam, tenggorokan seperti terbakar, dan nyeri lambung.

Jika tidak diatasi tentu akan menghambat segala aktifitas anda sehari-hari.

Dikalangan awam asam lambung dikiranya maag, padahal GERD dan maag adalah penyakit yang berbeda dan tidak bisa dianggap remeh.

Apa itu Asam Lambung (GERD)?

Istilah secara medis disebut dengan Gastroesophageal reflux diseas (GERD) gambaran mudahnya adalah naik zat asam lambung yang bertugas mencerna dan menghancurkan sari makanan naik ke atas kerongkongan (esofagus).

 

Nah, reluks inilah yang terasa seperti terbakar, pedas, perih pada kerongkongan bahkan bisa menyebabkan sariawan dan bau mulut.

Jangan anggap sepele karena bisa fatal akibatnya, jika dibiarkan dapat memperburuk saluran pencernaan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila sudah minum obat maag namun tidak kunjung membaik besar kemungkinan asam lambung anda sedang naik, segera minum herbal seperti madu, jahe, kunyit, gamat dan rempah-rempah yang efektif mengurangi nyeri dan mual.

Ramuan Herbal 100% Alami Madu, Gamat plus Rempah

Penting! Anda Wajib Tahu Jika Ingin Asam Lambung Ga Kambuh Lagi

5 Rekomendasi Obat-obatan Kimia Yang Manjur Untuk Mengatasi Nyeri Lambung